Kanopi kain atau biasa dikenal sebagai awning adalah salah satu aksesoris tambahan yang dapat digunakan untuk mempercantik rumah. Kanopi jenis ini memang telah banyak digunakan untuk menambah nilai estetika pada mall, restoran, café, hingga tempat-tempat yang lain. Pasalnya, kanopi terbukti mampu merubah bangunan yang semula membosankan menjadi lebih nyaman.

Pada mulanya kanopi memiliki fungsi utama sebagai perlindungan bagi bangunan. Tak hanya melindungi rumah dari sengatan sinar matahari saja karena kanopi juga mampu memberikan perlindungan saat hujan lebat datang. Mengingat begitu pentingnya fungsi perlindungan ini, maka bahan kanopi harus dipastikan kuat dan awet digunakan.

Bahan yang bisa dipakai dalam pembuatan kanopi sendiri sangat beragam. Bahan kain ini sangat menentukan penggunaan kanopi. Pasalnya, pemilihan bahan yang tepat dapat membuat kanopi lebih awet dalam menahan serangan hujan lebat dan sengatan matahari. Berikut merupakan jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kanopi.

Bahan Kanopi Polyester

Jenis bahan dalam pembuatan kanopi kain yang pertama adalah polyester. Bahan ini adalah bahan terbaik di kelasnya. Pasalnya, bahan polyester terdiri atas struktur serat semi permanen seperti carports. Sehingga akan memberikan daya tahan kuat terhadap terpaan air hujan jika dibandingkan bahan kanopi yang lain.

Selain terkenal akan strukturnya yang kuat, ternyata bahan polyester juga memiliki ketahanan terhadap air dan juga sinar matahari. Bahan polyester terbukti mampu menyerap air serta menangkal sinar matahari. Tak heran jika polyester menjadi bahan idaman dalam pembuatan kanopi yang kemudian disukai oleh banyak orang.

Bahan Kanopi Vinyl

Jenis bahan pembuatan kanopi kain yang selanjutnya adalah bahan vinyl. Bahan ini sebenarnya memiliki material yang sama dengan bahan polyester. Hanya saja, pada bagian permukaannya telah diberikan lapisan vinyl. Sehingga mampu memberikan ketahanan yang lebih baik dari kain polyester biasa.

Lapisan vinyl pada bagian permukaannya membuat kain ini lebih tahan terhadap serangan sinar UV berbahaya. Sehingga lebih aman untuk digunakan dari sisi kesehatan. Tak hanya tahan terhadap sinar matahari, karena bahan ini juga terbukti mampu menyerap air hujan. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai perlindungan segala jenis bangunan.

Bahan Kanopi Sunbrella

Jenis bahan kanopi kain selanjutnya adalah sunbrella. Bahan ini merupakan pilihan terbaik sebagai pembuatan kanopi. Pasalnya, kain sunbrella terbuat dari tenda kain yang dirancang atau dibuat langsung untuk memberikan perlindungan ekstra pada bangunan. Bahan ini terbukti mampu memblokir sengatan sinar matahari dan juga lebih tahan terhadap air hujan.

Kelebihan lain penggunaan kain sunbrella pada kanopi adalah tersedianya beragam pilihan model. Sehingga kain sunbrella siap menambah nilai cantik pada bangunan Anda. Pemilihan warna dan motifnya juga begitu beragam. Oleh karena itu, penggunaan kanopi mudah disesuaikan dengan segala jenis kebutuhan dan keinginan Anda.

Kain sunbrella juga dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan dasar frame. Sebut saja frame dengan bahan aluminium, besi, hingga stainless steel. Sehingga akan membuat kanopi kain berdiri lebih kuat. Bahan ini juga telah tersedia dengan berbagai merek kanopi terpercaya seperti Starpaulin, Dickson, Awntex, dan juga Recasens.

Jika Anda memiliki kebutuhan akan kanopi untuk mempercantik teras rumah, maka dapat segera memesan kebutuhan kanopi ke jasa kami. Pasalnya, kami merupakan jasa pembuatan kanopi yang berpengalaman. Anda dapat menghubungi kami dan pesan sesuai kebutuhan. Maka, kanopi kain idaman akan segera sampai ke rumah dengan aman dan cepat.